Yohandi Pratama, - (2020) HUBUNGAN SCHOOL CONNECTEDNESS DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PENGURUS CABANG HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM (HMI) CABANG PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
||
|
Text
SKRIPSI YOHANDI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Prestasi belajar adalah sejauh mana peserta didik menguasai bahan pelajaran yang diajarkan, yang diikuti oleh munculnya perasaan puas bahwa mahasiswa telah melakukan sesuatu dengan baik, dan hanya bisa diketahui jika telah dilakukan penilaian terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengkaji secara ilmiah hubungan school connectedness dengan prestasi belajar pada mahasiswa. Sampel penelitian adalah 52 mahasiswa yang menjadi pengurus cabang himpunan mahasiswa islam cabang pekanbaru. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala school connectedness dari aspek Stracuzzi dan Mills (2010) dan untuk variabel prestasi belajar menggunakan indeks prestasi kumulatif mahasiswa. Dalam penelitian ini hipotesis yang diajukan diterima, yaitu ada hubungan antara school connectedness dengan prestasi belajar, dilihat dari nilai F sebesar 59.461 dengan signifikansi 0.000. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa nilai R sebesar 0.737 yang menunjukkan bahwa school connectedness memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar pada mahasiswa pengurus cabang himpunan mahasiswa islam cabang pekanbaru. Selain itu, dengan melihat Rsquare = 0.543 diketahui bahwa school connectedness memberikan sumbangan efektif sebesar 54,3% terhadap prestasi belajar. Kata Kunci: School Connectedness, dan Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 02:31 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 02:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46212 |
Actions (login required)
View Item |