ROBERTO SINAGA, - (2021) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IIS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Roberto Sinaga (2021): Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas XII IIS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 7 Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap minat belajar siswa di kelas XII IIS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 7 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IIS di SMA Negeri 7 Pekanbaru, sedangkan yang menjadi objeknya adalah pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap minat belajar siswa kelas XII IIS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 7 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IIS yang berjumlah 173 siswa, sampel dalam penelitian ini berjumlah 43 siswa, pengambilan sampelnya menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru sebesar 80,98% termasuk dalam kategori sangat baik, sedangkan minat belajar siswa sebesar 77,64 termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa yang terbukti dari nilai thitung (11,229) > ttabel (2,020) atau signifikansi (0,000 < 0,05) yang berarti Hα diterima dan Ho ditolak. Hal ini dapat dilihat dari persentase pengaruh variabel kompetensi pedagogik terhadap minat belajar adalah sebesar 75,5%. Sedangkan sisanya 24,5 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Pengaruh, Kompetensi Pedagogik, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 02:34 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 02:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46167 |
Actions (login required)
View Item |