Nur Hidayah, - (2021) Penerapan Metode Juz'i Hafalan Al-Quran Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Abdurrab Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (691kB) |
||
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nur Hidayah (2021): Penerapan Metode Juz'i Hafalan Al-Quran Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Abdurrab Pekanbaru Penelitian ini hanya terdiri dari satu variabel, yaitu penerapan metode juz’i hafalan al-Quran siswa. Variabel inilah yang menjadi kajian permasalahan penelitian ini. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengatahui penerapan metode juz’i hafalan al-Quran siswa dan faktor yang mempengaruhi hafalan al-Quran siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa, yang mengikuti tahfidz Quran di Sekolah Menengah Kejuruan Abdurab Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah optimalisasi metode juz’i hafalan al-Quran siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah guru dan tahfidz Quran di Sekolah Menengah Kejuruan Abdurrab Pekanbaru. Penulis menarik seluruh populasi yang ada yaitu siswa sebanyak 25 orang untuk dijadikan sampel dalam penelitian ini. Data-data dalam penelitian ini, dikumpulkan dalam beberapa tekhnik yaitu, tekhnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul dari penelitian ini ada berupa data kualitatif dan kuantitaif namun tetap diolah menggunakan analisa kualitatif yang dikenal dengan istilah analisis deskriptif kualitatif dengan presentase. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa penerapan metode Juz’i hafalan al-Quran siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Abdurrab Pekanbaru secara keseluruhan dikategorikan “Baik” dengan presentase sebesar 80,88% yang berada pada rentang 61-80%. Penerapan metode Juz’i hafalan al-Quran siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Abdurrab Pekanbaru tergambar dari : Siswa menghafal ayat yang diberikan oleh guru ada yang perayat, perbaris, perhalaman sesuai kemampuan hafalan mereka masing-masing; Siswa mengulang-ulang ayat yang dihafal; Siswa saling bermuraja’ah sebelum menyetorkkan hafalan kepada guru; Setelah lancar menghafal, kemudian siswa menyetorkan hafalannya kepada guru, atau ustadz sebagai penanggung jawab tahfidzul Quran; Setelah lancar siswa menggabungkan hafalan yang terdahulu dengan materi baru dan mengulang-ulang sampai tiba waktu yang ditentukan utuk meyetorkan kembalu hafalan tersebut; Siswa saling membantu teman yang kesulitan dalam menghafal al-Quran. Kata kunci: penerapan, metode juz'i, hafalan al-quran siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 03:15 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 03:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46143 |
Actions (login required)
View Item |