T.Muhammad Fadhli (2014) PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN MEDIA MASSA DI RADIO MANDIRI FM PEKANBAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (110kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Radio merupakan media yang didengarkan oleh seluruh lapisan masyarakat dan digunakan sebagai media yang menunjang pembangunan. Untuk mempertahankan ruang publiknya demi menciptakan posisinya agar dapat diterima dalam lapisan masyarakat, radio perlu melakukan planning / perencanaan. Dengan banyaknya radio yang selalu berkembang dari waktu ke waktu, menuntut sebuah stasiun radio harus memiliki perencanaan yang kuat demi memenangkan sebuah persaingan dalam memperebutkan segmentasi pasar yang berdampak kepada keberlangsungan aktivitas radio, salah satunya iklan. Mandiri FM sebagai salah satu radio di Kota Pekanbaru dengan tagline news and business radio berusaha menciptakan sebuah perencanaan untuk mendapatkan identitas radio yang layak diketahui keberadaanya oleh masyarakat Pekanbaru, dengan konsep berita dan bisnis untuk memenuhi perkembangan masyarakat Kota Pekanbaru yang selalui memerlukan informasi berupa berita dan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan radio Mandiri FM sebagai news and business radio, serta mengatahui kendala Mandiri FM dalam melakukan perencanaan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Radio Mandiri FM, Jl. Tuanku Tambusai No. 07 Pekanbaru dengan subjek penelitian yaitu perencanaa radio Mandiri FM, dan objek penelitian yaitu seluruh informan yang memenuhi kebutuhan penelitian ini yaitu dengan key informan yaitu general Manager Mandiri FM melalui purposive. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi mendalam serta wawancara dan dokumentasi. Hasil dari Penelitian ini adalah memposisikan radio (positioning) merupakan strategi yang dirancang untuk mengkomunikasikan segala sesuatu didalam radio dimulai dari identitas radio, segmentasi, target, format dan produk radio (program) serta analisa pesaing. Mandiri FM dengan tagline news and business radio memiliki segmentasi pendengar dengan target berumur 25-35 tahun dan pengiklan. Untuk memenuhi kebutuhan segmen yang akan menjadi ruang publiknya tersebut, Mandiri FM juga menyajikan berbagai siaran (program) yang telah dijaga berdasarkan format berita dan bisnis. Dalam memenuhi strategi tersebut, terdapat kendala berupa kurangnya kerjasama Mandiri FM dalam memenuhi berita secara Nasional, kuatnya nama Smart FM sebelumnya di Kota Pekanbaru, dan minimnya fasilitas internet.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 10 May 2016 03:52 |
Last Modified: | 10 May 2016 03:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4596 |
Actions (login required)
View Item |