Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS TEKNIK PERMAINAN SIMULASI DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PASIR PENYU

MAYLIA RESTI, - (2020) EFEKTIVITAS TEKNIK PERMAINAN SIMULASI DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PASIR PENYU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Maylia Resti, (2020): Efektivitas Teknik Permainan Simulasi dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interperonal siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik permainan simulasi dalam layanan bimbingan kelompok. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan jenis randomized pre-test-post-test control group. Populasi Penelitian ini sebanyak 260 siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu. Sampel diambil sebanyak 16 siswa yang mengalami masalah dalam komunikasi interpersonal melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi. Adapun untuk analisis data, peneliti menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik permainan simulasi skor yang diperoleh di kelas eksperimen sebesar 523 dengan rata-rata 65,38 dan skor dikelas kontrol sebesar 568 dengan rata-rata 71 dan setelah dilakukan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik permainan simulasi skor di kelas eksperimen berubah menjadi 1253 dengan rata-rata 156,63 dan skor di kelas kontrol sebesar 876 dengan rata-rata 109,5. Sehingga dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa teknik permainan simulasi dalam layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa di sekolah dengan pengaruh 85% dan termasuk kategori sangat efektif. Kata Kunci : Teknik Permainan Simulasi, Layanan Bimbingan Kelompok, Komunikasi Interpersonal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Feb 2021 12:07
Last Modified: 23 Feb 2021 12:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/45715

Actions (login required)

View Item View Item