Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PUTUS PERKAWINAN AKIBAT PERTENGKARAN DISEBABKAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TAHUN 2019 (Analisis Terhadap Putusan Hakim Pengadilan Agama Bangkinang Nomor: 307/Pdt.G/2019/PA-Bkn dan Nomor: 288/Pdt.G/2019/PA-Bkn)

Maswir, - (2021) PUTUS PERKAWINAN AKIBAT PERTENGKARAN DISEBABKAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TAHUN 2019 (Analisis Terhadap Putusan Hakim Pengadilan Agama Bangkinang Nomor: 307/Pdt.G/2019/PA-Bkn dan Nomor: 288/Pdt.G/2019/PA-Bkn). Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)
[img]
Preview
Text
TESIS MASWIR.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama Penyusun : Maswir NIM : 21890215371 Judul Tesis : PUTUS PERKAWINAN AKIBAT PERTENGKARAN DISEBABKAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TAHUN 2019”(Analisis Terhadap Putusan Hakim Pengadilan Agama Bangkinang Nomor: 307/ Pdt.G/ 2019/ PA-Bkn Dan Nomor: 288/ Pdt.G/ 2019/ PA-Bkn). --------------------------------------------------------------------------------------------------- Mengarungi bahtera kehidupan rumah tangga yang bahagia dan harmonis menjadi dambaan semua orang . Tak pernah ada yang berharap mengalami keretakan kehidupan rumah tangga yang telah mereka bina. Sejatinya setiap pasangan suami istri akan berupaya semaksimal mungkin agar kehidupan rumah tangganya tidak berakhir pada perceraian. Islam memandang bahwa perceraian adalah sesuatu perkara yang dihalalkan tetapi dibenci oleh Allah,swt, namun faktanya tidak semua kehidupan rumah tangga berjalan langgeng, mulus atau berakhir bahagia. Keputusan untuk bercerai pun menjadi jalan terakhir yang harus ditempu bagi pasangan suami istri melalui putusan pengadilan. Pengadilan Agama Bangkinang mencatat pada tahun 2019 terungkap bahwa jumlah perceraian sebanyak 1028 kasus, 88 kasus disebabkan pelangggaran taklik talak, sedangkan 940 kasus disebabkan pertengkaran, diantara pemicu pertengkaran tersebut disebabkan oleh penggunaan media social. Cukup banyak pasangan suami istri bercerai karena kecemburuan yang bermula dari curhatan pasangannya dimedia social, saling kenal, saling menyukai, jatuh cinta, akhirnya muncul istilah pria idaman lain atau wanita idaman lain. Sebaliknya dari pernikahan sebelumnya sering beda pendapat, munculnya saling ego, lalu bertengkar, kemudian bosan yang pada akhirnya saling membenci dan hilang kasih sayang yang berujung bercerai di pengadilan. Penelitian ini berupaya menganalisa tentang Putusan Hakim Pengadilan Agama Bangkinang mengenai Putus perkawinan akibat pertengkaran yang disebabkan penggunaan media social. Atas dasar itu, maka penelitian ini bersifat kualitatif atau deskriptis analisis yang bertujuan untuk memberikan gambaran dan memperoleh objek penelitian berdasarkan kenyataan kronologis dan sistimatis, dimana penelitian ini menggunakan peraturan perundang-undangan yang berlaku kemudian dianalisa dengan tiori-tiori ilmu hukum.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan Filsafat Moral > 173 Etika Hubungan Keluarga
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 22 Feb 2021 07:04
Last Modified: 22 Feb 2021 07:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/45649

Actions (login required)

View Item View Item