Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD IT AL-HUSAIN MUARA JAYA KECAMATAN KEPENUHAN HULU KABUPATEN ROKAN HULU

Mesi Purnama Sari, - (2021) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD IT AL-HUSAIN MUARA JAYA KECAMATAN KEPENUHAN HULU KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)

Abstract

Mesi Purnama Sari, (2020): PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD IT AL-HUSAIN MUARA JAYA KECAMATAN KEPENUHAN HULU KABUPATEN ROKAN HULU Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Matematika melalui metode pembelajaran problem posing di kelas IV SD IT Al-Husain Muara jaya Kecamatan Kepenuhan Hulu Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan pemecahan masalah siswa, hal ini terlihat dari 25 orang siswa hanya 3 orang atau 12% saja yang menunjukkan keterampilan pemecahan masalah pada kategori baik karena masih banyak siswa yang belum mampu memahami masalah, melaksanakan perhitungan, melakukan perencanaan penyelesaian dan memeriksa kembali hasil perhitungan dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 25 orang siswa SD IT Al-Husain Muara Jaya Kecamatan Kepenuhan Hulu Kabupaten Rokan Hulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan keterampilan pemecahan masalah pratindakan hanya 3 orang siswa atau 12% yang mencapai kategori baik. Kemudian setelah diterapkan metode pembelajaran problem posing pada siklus I, keterampilan pemecahan masalah siswa meningkat menjadi 9 orang siswa atau 36% yang mencapai kategori cukup dan 16 orang siswa atau 64% yang mencapai kategori kurang. Pada siklus II keterampilan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan menjadi 24 orang siswa atau 96% yang mencapai kategori baik dan 1 orang siswa atau 4% yang mencapai kategori cukup, artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran problem posing dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SD IT Al-Husain Muara Jaya Kecamatan Kepenuhan Hulu Kabupaten Rokan Hulu. Kata Kunci : Keterampilan Pemecahan Masalah, Metode Pembelajaran Problem Posing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Feb 2021 01:56
Last Modified: 22 Feb 2021 01:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/45640

Actions (login required)

View Item View Item