Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AWARENESS TRAINING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) 014 PASARKEMBANG KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Khairul Mustafa, = (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AWARENESS TRAINING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) 014 PASARKEMBANG KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)

Abstract

Khairul Mustafa, (2021): PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AWARENESS TRAINING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) 014 PASARKEMBANG KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR Sikap sosial merupakan gambaran bentuk hubungan dengan sesama manusia dan juga lingkungannya. Disamping itu, manusia adalah mahluk sosial yang akan membutuhkan bantuan orang lain. Maka peserta didik harus memiliki bekal yang cukup dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya Pembentukan sikap sosial pada siswa ini tidak bisa hanya dengan suruhan atau dengan monoton guru yang menanamkannya. Melainkan harus dibarengi dengan kesadaran siswa itu sendiri dan juga harus menggunakan metode/ model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan sikap sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan sikap sosial melalui model pembelajaran awareness training (pelatihan kesadaran) di SDN O14 Pasarkembang. Penelitian ini dilakukan dengan cara menafsirkan data kuantitatif secara verbal yaitu dengan hasil observasi sikap sosial yang diperoleh subjek sebelum dan sesudah dikenai tindakan, kemudian dibahas secara kualitatif dari hasil obsevasi yang terjadi selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Awareness Training. Analisis data diwakili oleh refleksi putaran penelitian tindakan. Dengan melakukan refleksi peneliti dapat membantu dalam menafsirkan data penelitian.. Hasil penelitian menunjukan hasil observasi sikap sosial siswa melalui aktivitas pembelajaran siswa kelas V pada siklus I diperoleh mencapai 58% dari rata-rata seluruh indikator. Pada siklus II hasil observasi sikap sosial siswa memperoleh rata-rata persentase 73%, angka ini berada pada rentang 60%-75%, rentang ini berada pada kategori cukup baik. Sedangkan pada siklus III hasil observasi sikap sosial siswa memperoleh rata-rata persentase 82%, angka ini berada pada rentang 76%-85%, rentang ini berada pada kategori baik. Siklus IV hasil observasi sikap sosial meningkat seiring meningkatnya aktivitas guru pada siklus I sampai siklus IV. Pada siklus IV sikap sosial siswa meningkat dalam perolehan rata-rata persentase klasikal 92%, angka ini berada pada rentang 86%-100% rentang ini berada pada kategori sangat baik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Awareness Training, Sikap Sosial Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Feb 2021 02:13
Last Modified: 22 Feb 2021 02:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/45638

Actions (login required)

View Item View Item