Hepriza Juwita (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SMP N 20 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (312kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran metematika di Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament dengan siswa yang menggunakan pendekatan konvensional dalam pembelajaran metematika di Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Pekanbaru?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Non Equivalen Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 20 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2 dan VIII 3, dimana kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 3 sebagai kelas control dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama tujuh kali, yaitu lima kali pertemuan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament , satu kali mengadakan pretest dan satu kali mengadakan postest. Untuk mengetahui hasil penelitian, kemampuan berpikir kreatif matematika dilakukan uji tes-t. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament memberikan pengaruh positif kepada kemampuan berpikir kreatif siswa. Pengaruh tersebut dilihat dari adanya perbedaan rata-rata antara kedua sampel, yaitu kelas eksperimen dengan nilai=67,08 dan kelas kontrol dengan nilai=56,25. t hitung=3,65 untuk kemampuan berpikir kreatif lebih besar dari t tabel = 2,00.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 08 May 2016 00:49 |
Last Modified: | 08 May 2016 00:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4502 |
Actions (login required)
View Item |