Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL FAJAR KOTA PEKANBARU

Eldrifal (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL FAJAR KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle dan variabel terikat yaitu kemampuan komunikasi matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al Fajar Kota Pekanbaru sebanyak 71 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Sedangkan sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes-t untuk sampel kecil (N<30). Dari analisis data yang dilakukan dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle diperoleh nilai thitung = 2,69 yang berarti lebih besar dari tt > baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 2,02<2,69>2,68 sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Oleh karena itu terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle dengan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional di MTs Al Fajar Kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 08 May 2016 00:28
Last Modified: 08 May 2016 00:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4497

Actions (login required)

View Item View Item