EGI GUSRIPANTO, - (2021) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DUKUNGAN GURU DENGAN STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA SMPN 4 RENGAT BARAT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DUKUNGAN GURU DENGAN STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA SMPN 4 RENGAT BARAT EGI GUSRIPANTO Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau ABSTRAK Siswa yang pasif dalam belajar, mudah bosan, tidak memiliki ketertarikan terhadap pelajaran, serta tidak mendalami apa yang dipelajari merupakan indikasi dari student engagement yang rendah. Student engagement adalah keterlibatan siswa dalam pembelajaran baik di bidang akademik maupun non-akademik yang dapat dilihat melalui behavioral engagement, emotional engagement, dan cognitive engagement. Salah satu faktor yang mempengaruhi student engagement adalah persepsi dukungan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi dukungan guru dengan student engagtement pada siswa SMPN 4 Rengat Barat. Subjek penelitian berjumlah 146 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala persepsi dukungan guru dan skala student engagement. Analisis data menggunakan korelasi pearson product moment menggunakan SPSS 23.0 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hipotesis diterima yaitu terdapat hubungan positif antara persepsi dukungan guru dengan student engagement pada siswa SMPN 4 Rengat Barat. Diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,456 dan nilai signifikansi korelasi 0.000 (p < 0,001), artinya tinggi rendahnya persepsi dukungan guru berkaitan dengan student engagement. Kata Kunci: persepsi dukungan guru, student engagement, siswa SMP
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 19 Feb 2021 03:10 |
Last Modified: | 19 Feb 2021 03:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44693 |
Actions (login required)
View Item |