M. Ali Murtado (2014) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (45kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dan seberapa besar pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru?, dan seberapa besar pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru? Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang mengikuti bimbingan belajar, Sedangkan menjadi objek penelitian ini adalah pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah menggunakan analisis regresi linier dengan bantuan aplikasi SPSS versi 16.0 Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa bimbingan belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Hasil ini berdasarkan nilai thitungnya adalah sebesar 3.736 lebih besarttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2.02 dan pada taraf signifikan 1% sebesar 2.72 atau t hitung > ttabel (2.02 < 3.736 > 2.72). Adapun besar pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi adalah sebesar 26.9% Sedangkan sisanya sebesar 73.1% (100%-26.9%) dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 04 May 2016 17:58 |
Last Modified: | 04 May 2016 17:58 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4431 |
Actions (login required)
View Item |