Rani Herdani, - (2021) Optimalisasi Kreativitas Anak Usia 5 – 6 Tahun Melalui Permainan Tradisional Congklak. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
Abstract
Rani Herdani, (2021): Optimalisasi Kreativitas Anak Usia 5 – 6 Tahun Melalui Permainan Tradisional Congklak. Optimalisasi kreativitas anak melalui permainan tradisional dapat melatih motorik halus, emosional anak, berprilaku sportifitas, dan lain sebagainya. Congklak berperan sangat penting dalam pengoptimalkan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Tujuan Permasalahan penelitian ini adalah (Bagaimana Optimalisasi krativitas anak usia 5–6 tahun melalui permainan tradisional congklak ). Metode penilitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan penelitian kualitatif dengan melakukan kategorisasi. Metode pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi. Metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variable yang keterkaitan dengan permainan tradisional congklak untuk mengembangkan kemampuan mengoptimalkan kreativitas anak usia dini. Analisis data yang dilakukan untuk menganalisis pembahasan ini adalah metode analisis kualitatif dengan menggunakan analisis isi (content analysis) atau menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian melalui permainan tradisional congklak kemampuan anak berkembang sangat pesat. Dengan kegiatan kreativ memungkinkan anak usia dini mengembangkan berbagai potensi dan kualitas pribadinya. Manfaat congklak untuk perkembangan kreativitas anak yaitu: melatih kemampuan berhitung anak, melatih motoric halus,melatih emosional anak.Perkembangan kemampuanan setiap masalah anak menggunakan simbol untuk melambangkan objek, serta rasa ingin tahu anak yang luar biasa terhadap lingkungan sekitar. Sehingga Permainan congklak dapat dijadikan alternatif model pembelajaran bermain sambil belajar pada anak usia dini dalam upaya optimalisasi kreativitas anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci : Optimalisasi, Kreativitas, Congklak
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 18 Feb 2021 02:43 |
Last Modified: | 18 Feb 2021 02:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44270 |
Actions (login required)
View Item |