Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN FUNGSI SERIKAT PEKERJA ATAS PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA SECARA SEPIHAK OLEH PT. PP. LONDON SUMATERA INDONESIA TBK SDE MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 21 TAHUN 2000 TENTANG SERIKAT PEKERJA/SERIKAT BURUH

Lady Florensia, - (2021) PELAKSANAAN FUNGSI SERIKAT PEKERJA ATAS PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA SECARA SEPIHAK OLEH PT. PP. LONDON SUMATERA INDONESIA TBK SDE MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 21 TAHUN 2000 TENTANG SERIKAT PEKERJA/SERIKAT BURUH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Lady Florensia, (2021): PELAKSANAAN FUNGSI SERIKAT PEKERJA ATAS PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA SECARA SEPIHAK OLEH PT. PP. LONDON SUMATERA INDONESIA TBK SDE MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 21 TAHUN 2000 TENTANG SERIKAT PEKERJA/SERIKAT BURUH Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan fungsi yang belum berjalan secara efektif dan efisien dikarenakan segala syarat dan faktor penentu pelaksanaan fungsi belum seluruhnya terpenuhi dalam menunjang pelaksanaan suatu kebijakan dan fungsi. Penyebab tidak maksimalnya pelaksanaan fungsi suatu kebijakan adalah penafsiran tentang tujuan suatu fungsi kebijakan, sumber daya, konsistensi dan profesionalisme implementor. Permasalahan dalam penelitian ini ialah pemutusan hubungan secara sepihak oleh PT. PP. London Sumatera Indonesia Tbk. Suka Damai Estate, mengetahui upaya yang dilakukan serikat pekerja dalam menyelesaikan dan mengatasi pemutusan hubungan kerja secara sepihak oleh pihak perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan fungsi serikat pekerja menurut Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh dan mengetahui apa saja faktor penghambat dalam pelaksanaan fungsi serikat pekerja atas pemutusann hubungan secara sepihak oleh PT. PP. London Sumatera Indonesia Tbk. Suka Damai Estate, salah satunya pasal 1 ayat 1 memberikan pengaturan serikat pekerja bertanggung jawab guna memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja serta meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya. Pada penulisan skripsi ini, penulis menggunakan jenis penelitian sosiologis dan menggunakan sumber data primer dengan menggunakan analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan serikat pekerja belum menjalankan fungsinya secara efektif dan belum terlaksana dengan optimal menurut Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh terkhusus pasal 1 ayat 1, hal ini dipicu oleh sanksi pemutusan hubungan kerja secara sepihak yang diterima oleh karyawan PT. PP. London Sumatera Indonesia Tbk. Suka Damai Estate tersebut tidak sesuai dengan sebagai mana mestinya pemberian sanksi yang tertera dalam undang-undang yang berlaku, baik peraturan tentang serikat pekerja maupun peraturan tentang ketenagakerjaan. Selanjutnya faktor penghambat dalam pelaksanaan fungsi serikat pekerja tersebut yaitu faktor sumber daya manusia yang jenjang pendidikan dan keterampilan pekerja tidak terlalu tinggi, kurangnya komunikasi yang baik, minimnya dana yang digunakan untuk menjalankan roda serikat pekerja terutama untuk operasional sehari-hari, hambatan dari perusahaan, serta hambatan dari pemerintah yang kurang berpihak kepada para pekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 18 Feb 2021 01:49
Last Modified: 18 Feb 2021 01:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44260

Actions (login required)

View Item View Item