Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENERIMAAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO DAN GOOGLE CLASSROOM MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL PADA SMK NEGERI 2 PEKANBARU

ANDRE RAHMAT SAPUTRA, - (2021) ANALISIS PENERIMAAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO DAN GOOGLE CLASSROOM MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL PADA SMK NEGERI 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ANALISIS PENERIMAAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO DAN GOOGLE CLASSROOM MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL PADA SMK NEGERI 2 PEKANBARU ANDRE RAHMAT SAPUTRA NIM: 11653103662 Tanggal Sidang: 19 Januari 2021 Periode Wisuda: Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas, No. 155, Pekanbaru ABSTRAK Evaluasi terhadap sistem e-learning berbasis Edmodo dan Classroom di SMK Negeri 2 Pekanbaru perlu dilakukan, salah satunya untuk mengetahui bagaimana kegunaan sistem e-learning berbasis Edmodo dan Google Classroom bagi pengguna. Permasalahan pada e-learning Edmodo: memiliki tampilan yang rumit (not user friendly), tidak mempunyai pilihan untuk mengirim pesan tertutup antar sesama siswa/i, berkomunikasi sesama siswa berlangsung secara global dalam group tersebut, tidak adanya fasilitas chat seperti terdapat pada jejaring sosial (facebook, tuenti dan myspace) pada umumnya yang menerapkan area chatting secara langsung. Dan permasalahan pada Google Classroom: tampilan yang kurang menarik bagi siswa/i, saat google drive penuh file tidak bisa dikirim, fitur assessment tidak bisa memasukkan rumus matemtika dan fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur penerimaan pengguna E-learning Edmodo dan Google Classroom pada SMKN 2 Pekanbaru dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model. Metode pada penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model menjelaskan dan memprediksi penerimaan pengguna terhadap suatu teknologi dan menjelaskan perilaku dari penggunaan teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor yang lebih dominan pada faktor manfaat (Perceived usefulness) terhadap penerimaan pengguna teknologi informasi (Acceptance of IT) adalah pada pengguna e-learning edmodo dengan nilai Thitung (6,399). dan pada faktor kemudahan (Perceived ease of use) terhadap penerimaan teknologi informasi (Acceptance of IT) adalah pada pengguna e-learning Google Classroom dengan nilai Thitung (9,613). Hal ini dapat membuktikan bahwa apabila nilai dari faktor manfaat dan kemudahan meningkat, maka penerimaan pengguna terhadap teknologi informasi / sistem informasi akan meningkat. Kata Kunci: Edmodo dan Google Classroom, Kemudahan, Manfaat, Penerimaan IT, TAM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 16 Feb 2021 05:24
Last Modified: 16 Feb 2021 05:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44230

Actions (login required)

View Item View Item