Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN GURU TERHADAP KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 4 TAPUNG

Nurkasiah (2011) USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN GURU TERHADAP KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 4 TAPUNG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011244-.pdf

Download (478kB) | Preview

Abstract

Kepala sekolah adalah pemimpin disuatu lembaga pendidikan. ia merupakan pusat tauladan bagi warga sekolah, dan diharapkan kepala sekolah berperan sepenuhnya. Di SMP Negeri 4 Tapung ditemui permasalahan masih ada sebagian guru yang kurang paham tentang kurikulum KTSP seperti penjabaran silabus dan penyusunan RPP hal tersebut tentu akan mempengaruhi kinerja guru, pada dasarnya dalam pembelajaran guru memegang peranan penting, karena kurikulum merupakan pedoman bagi guru mau di bawa kemana anak murid ini. Tugas kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan adalah untuk membina para guru dalam menentukan bahan pelajaran, apa yang dapat meningkatkan potensi siswa, memilih metode yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar, menyelengarakan rapat dewan guru dan mengadakan kunjungan kelas, serta membimbing guru-guru dalam mengadakan penilaian cara dan metode yang akan digunakan. Penelitian ini untuk mengetahui usaha kepala sekolah dalam meningkatkan pemahaman guru terhadap kurikulum tingkat satuan pendidikan. untuk mengumpul data dalam penelitian ini penulis mengunakan observasi kepada kepala sekolah dan data angket kepada guru sebagai data pendukung dan wawancara digunakan untuk mendapatkan data tentang faktor yang mempengaruhinya. Setelah data terkumpul lalu dianalisis dengan teknik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan penyajian dan analisa data maka dapat disimpulkan bahwa . Usaha Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Pemahaman Guru Terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMP Negeri 4 Tapung termasuk kategori baik Maksimal. Secara kuantitatif persentase yakni 65,44% termasuk kategori Maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 06 Jan 2016 08:54
Last Modified: 06 Jan 2016 08:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/440

Actions (login required)

View Item View Item