Arsyita Seftiwi Hasibuan (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN TERMOKIMIA DI KELAS XI IPA SMA PGRI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (108kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar kimia siswa SMA PGRI Pekanbaru yang masih rendah, yaitu hanya 17% nilai siswa diatas KKM pada pokok bahasan Termokimia. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA PGRI Pekanbaru dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Pada Pokok Bahasan Termokimia. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI IPA tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA-1 dan XI IPA-2, dimana kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretes dan postes sebagai data akhir, dan dokumentasi. Untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari ranah kognitif setelah diadakan perlakuan dianalisis dengan N-Gain. Nilai N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol termasuk kedalam kategori sedang yaitu masingmasing sebesar 0,64 dan 0,43. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test Related Sample. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 4,48 dan ttabel = 1,99 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar dari ranah kognitif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 04 May 2016 10:28 |
Last Modified: | 04 May 2016 10:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4364 |
Actions (login required)
View Item |