Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pandangan Masyarakat Desa Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar Yang Melarang Menikah Dalam Masa Kuliah

Pajri, Pajri (2021) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pandangan Masyarakat Desa Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar Yang Melarang Menikah Dalam Masa Kuliah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)

Abstract

“Tinjauan Hukum Islam Terhadap pandangan Masyarakat Desa Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar Yang Melarang Menikah Dalam Masa Kuliah” merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menganalisa pandangan masyarakat Desa Pongkai Istiqomah terhadap larangan menikah dalam masa kuliah. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh terdapat ketidak cocokan antara pandangan masyarakat Desa Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar dengan hukum Islam terkait permasalahan menikah dalam masa kuliah. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana pandangan masyarakat Desa Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar tentang menikah dalam masa kuliah dan bagaimana tinjauan Hukum Islam tentang menikah dalam masa kuliah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), yang berlokasi di Desa Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan data primer, data sekunder dan data tersier. Data primer adalah data yang diperoleh dari sumber pertama melalui prosedur dan teknik pengumpulan data yang penulis dapatkan melalui wawancara. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari dokumentasi dan buku-buku yang berhubungan dengan penelitian ini. Data tersier adalah suatu kumpulan dan kompilasi sumber primer dan sumber sekunder. Kemudian yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat yang melarang menikah dalam masa kuliah yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh Agama, dan tokoh Adat di Desa Pongkai Istiqomah, sedangkan objeknya pasangan yang menikah dalam masa kuliah. Penyusun menyimpulkan, bahwa terdapat banyak masyarakat yang beranggapan menikah dalam masa adalah tidak baik karena akan sulit mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah. Tinjauan Hukum Islam terhadap pernikahan dimasa kuliah adalah : Islam sangat menganjurkan pemuda menikah bila sudah sanggup, dan Islam tidak menginginkan ummatnya hidup membujang apabila sudah masuk masa produktif dan sudah sanggup secara zhahir dan bathin maka dianjurkan untuk segera menikah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:30
Last Modified: 15 Feb 2021 04:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42724

Actions (login required)

View Item View Item