Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pemanfaatan Instagram @Warkop45 Sebagai Media Promosi Pada Kafe Warkop Pinggiran 45 Pekanbaru

Fitriani, - (2020) Pemanfaatan Instagram @Warkop45 Sebagai Media Promosi Pada Kafe Warkop Pinggiran 45 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV FITRIANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FITRIANI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan bahwa tumbuh pesatnya usaha kuliner yang ada di Pekanbaru dan membuat persaingan di antara pengusaha kuliner semakin ketat. Disebabkan oleh hal itu, strategi marketing dan pemilihan media promosi menjadi faktor penting dalam menarik minat konsumen. Maka tujuan dari penelitian adalah mengetahui bagaimana pemanfaatan Instagram sebagai media promosi kafe Warkop Pinggiran 45 Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Deskriptif Kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori penelitian ini menggunakan pendekatan dari tujuan promosi yang dikemukakan Freddy Rangkuti, yaitu memodifikasi tingkah laku, memberitahu, membujuk, dan mengingatkan. Penerapan teori tersebut dimanfaatkan dalam fitur Instagram seperti Instagram Feed, Hashtag, Geo Tagging, Photo Tagging, Instagram Live, Instagram Story, Endorsement, dan Sponsorship. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, kafe Warkop Pinggiran 45 Pekanbaru memanfaatkan fitur tersebut melalui beberapa kegiatan seperti mengunggah foto informatif seputar pelayanan dan menu hidangan, mempromosikan produk terbaru, berbagi unggahan foto kepada konsumen yang berkunjung, dan lain-lainnya. Kesimpulan dari hasil penelitian, pemanfaatan fitur Instagram yang dilakukan kafe Warkop Pinggiran 45 Pekanbaru berperan cukup baik sebagai media promosi kepada konsumen. Terlihat dari aspek seperti jumlah kunjungan konsumen yang semakin meningkat, banyaknya permintaan kerjasama dari pihak eksternal dalam penyelenggaraan kegiatan, dan lain-lainnya. Ini mengindikasikan bahwa konsumen sudah semakin mengerti tentang pelayanan dan keunggulan kafe Warkop Pinggiran 45 Pekanbaru. Kata Kunci: Warkop Pinggiran 45, Instagram, Promosi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 15 Feb 2021 07:04
Last Modified: 15 Feb 2021 07:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42489

Actions (login required)

View Item View Item