ROMATUA LUBIS, - (2021) STRATEGI PEMASARAN JASA HIBURAN DAN REKREASI TAMAN SATWA KASANG KULIM ZOO MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI ROMATUA LUBIS.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Strategi Pemasaran Jasa Hiburan dan Rekreasi Taman Satwa Kasang Kulim Zoo Mennurut Perspektif Ekonomi Syariah” Latar belakang dari penelitian ini adalah karena hasil pengamatan penulis tentang adanya jasa hiburan yang di promosikan melalui iklan, namun jasa hiburan itu tidak ada di lokasi. Lokasi penelitian adalah di Taman Satwa Kasang Kulim Zoo Jl. Kubang Jaya, Siak Hulu Kabupaten Kampar. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana Strategi Pemasaran Jasa Hiburan dan Rekreasi Taman Satwa Kasang Kulim Zoo, dan Bagaimana Strategi Pemasaran Jasa Hiburan dan Rekreasi Taman Satwa Kasang Kulim Zoo dalam tinjauan Ekonomi Syariah. Penelitian merupakan penelitian lapangan yang berlokasi di Taman Satwa Kasang Kulim Zoo yang beralamatkan di jalan Kubang Jaya Siak Hulu, Kampar. Adapun metode pengumpulan data adalah Observasi, Wawancara, Angket, Dokumentasi dan menganalisa buku-buku yang berkaitan dengan penelitian. Data penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari pengelola dan karyawan Taman Satwa Kasang Kulim Zoo. Dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari berbagai lineatur yang ada serta dari berbagai informasi yang berkaitan dengan judul yang diteliti. Kemudian dianalisa menggunakan analisa Deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1 orang pimpinan, 20 karyawan dan 500 orang pengunjung, sampelnya 71 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran jasa hiburan yang dijalankan oleh Pengelola Taman Satwa Kasang Kulim adalah sebagai berikut: Pertama, strategi produk adalah memberikan variasi produk agar pengunjung tertarik untuk mencobanya dan memberikan jasa hiburan gratis. Kedua, melakukan strategi harga atau kebijakan harga, dimana pihak manajemen menetapkan harga yang bisa dijangkau oleh saku pengunjung. Ketiga, Melakukan strategi promosi yang mana strategi ini masih terdapat beberapa kesalahan yang membuat pengunjung merasa sedikit kecewa. Adapun menurut Ekonomi Syariah strategi pemasaran jasa hiburan yang dijalankan oleh Taman Satwa Kasang Kulim telah sesuai dengan prinsip dan ajaran Islam, akan tetapi masih terdapat beberapa hal dan tidak sesuai dengan prinsip dan ajaran Islam. Kata Kunci: Strategi – Pemasaran Jasa – Ekonomi Syariah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 08:03 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 08:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42157 |
Actions (login required)
View Item |