Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISA DAN IMPLEMENTASI PENYEBARAN HASTAG PRODUCT UKM PADA JEJARING SOSIAL INSTAGRAM MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS (SNA)

Annisa Rahmahrini, - (2021) ANALISA DAN IMPLEMENTASI PENYEBARAN HASTAG PRODUCT UKM PADA JEJARING SOSIAL INSTAGRAM MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS (SNA). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
bab 1-6.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
bab 4 dan 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Social Network Analysis (SNA) adalah suatu bidang ilmu dengan memanfaatkan teori graf yang mempelajari tentang hubungan sosial individu dalam sebuah kelompok atau juga biasa diartikan sebagai metode-metode yang melibatkan perhitungan matematis yang menggunakan graph dan dilengkapi dengan statistik serta metode aljabar. Pada SNA dilakukan perhitungan nilai centrality untuk mengetahui nilai relasi antar setiap individu, terdapat empat cara untuk menghitung nilai centrality yaitu dengan cara degree centrality, betweeness centrality, closeness centrality dan eigenvector centrality. Instagram merupakan salah satu aplikasi yang menjadi tempat untuk berbagi foto dan video dan dapat dilihat oleh pengikut. Pada Instagram terdapat fitur hastag yang digunakan untuk mengelompokkan postingan dalam satu kelompok, dengan adanya fitur hastag ini membuat para user lebih mudah dalam mencari topik informasi mengenai postingan yang diunggah oleh user. SNA mampu mengetahui hubungan antar hastag yang terjadi didalam suatu kelompok jaringan untuk mengetahui hastag yang memiliki peran paling penting dalam suatu kelompok jaringan. Langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan scraping data dari Instagram kemudian dilkukannya proses preprosesing dan selanjutnya dilakukan penentuan relasi untuk dilakukannya perhitungan nilai centrality. Hasil perhitungan yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian adalah hastag “kulinerpku” memiliki nilai centrality paling tinggi setelah hastag kulinerriau dengan nilai degree sebesar 0,5, closeness sebesar 0,64, betweenness sebesar 0,08, dan eigenvector sebesar 0,21 Kata Kunci : Betweenness Centrality, Closeness Centrality, Degree Centrality, Eigenvector Centrality, Social Network Analisys (SNA)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 15 Feb 2021 06:51
Last Modified: 15 Feb 2021 06:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42081

Actions (login required)

View Item View Item