DELPI NURPITA, - (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Delpi Nurpita, (2020): Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Non-equivalent Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar berjumlah 44 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 orang siswa yang terbagi ke dalam 2 kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 orang dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling yaitu teknik pengumpulan sampling dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran generatif dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah tes t. Hasil akhir diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang mengunakan model pembelajaran generatif lebih tinggi yaitu sebesar 90 dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional yaitu 73,88. Hasil uji tes t menggunakan bantuan SPSS versi 16 for windows menunjukkan bahwa nilai sig < 0,05 (0,000< 0,05) atau dengan nilai t hitung > t tabel (5,987 > 1,681) artinya Ha diterima dan H0 ditolak, dengan demikian dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran generatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Generatif, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 06:54 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 06:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41996 |
Actions (login required)
View Item |