Abdul Arif, - (2021) Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Nasabah Pada PT. Bank BNI Syari’ah Kantor Cabang Pekanbaru. Laporan thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI GABUNG UPLOD.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (688kB) |
Abstract
ABSTRAK Abdul Arif (2021): Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Nasabah Pada PT. Bank BNI Syari’ah Kantor Cabang Pekanbaru Bank yang berorientasi pelayanan akan membawanya sukses besar. Nasabah adalah penting, mereka bukan pengganggu pekerjaan personil bank (seperti yang terjadi pada layanan publik). Bagi bank, mereka adalah “the customer may not always be right, but the is always inportant”, ini mengharuskan CEO/marketer sadar bahwa mereka tergantung kepada nasabah, nasabah adalah tujuan bank bekerja. Pandangan Islam sendiri tentang etika pelayanan yang baik adalah dengan menjaga sikap dan perilaku terpuji. Penelitian ini bertujuan untuk, pertama untuk mengetahui penerapan etika bisnis Islam pada PT. Bank BNI Syari’ah Kantor Cabang Pekanbaru, kedua untuk mengetahui cara meningkatkan kualitas pelayanan dengan etika bisnis Islam kepada nasabah PT. Bank BNI Syari’ah Kantor Cabang Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di PT. Bank BNI Syari’ah Kantor Cabang Pekanbaru pada penelitian ini memiliki populasi 4 orang, dengan 1 orang pimpinan, 1 orang customer service head dan 2 orang customer service. Dalam pengambilan sampel penulis menggunaan teknik total sampling. Analisis data dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan sumber data penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder dan metode pengumpulan data menggunakan obeservasi, wawancara, metode dokumentasi, serta studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian pada PT. Bank BNI Syari’ah Kantor Cabang Pekanbaru dapat di ketahui bahwa, pertama penerapan etika bisnis dirumuskan melalui 5 prinsip, yaitu prinsip tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, serta kebenaran, kebijakan dan kejujuran. Kedua untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan etika bisnis islam yaitu dengan selalu ingin membantu setiap keinginan dan kebutuhan nasabah sampai tuntas, memberi perhatian terhadap permasalahan yang dihadapi nasabah, sopan dan ramah kepada nasabah tanpa melakukan diskriminasi apapun, memiliki rasa toleransi yang tinggi dalam menghadapi setiap tindak tanduk para nasabah, menjaga perasaan nasabah agar tetap merasa tenang, nyaman dan menimbulkan kepercayaan, pegawai harus dapat menahan emosi dari setiap kasus yang dihadapi terutama dalam melayani nasabah yang berprilaku kurang baik, menyenangkan orang lain merupakan sikap yang harus selalu ditunjukkan oleh setiap karyawan bank. Kata Kunci: Etika Bisnis, Etika Bisnis Islam, Kualitas Pelayanan
Item Type: | Thesis (Laporan) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 04:34 |
Last Modified: | 17 Feb 2021 04:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41775 |
Actions (login required)
View Item |