Nelmawati, - (2021) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Mabrur Junior di Bank Syariah Mandiri Kcp Siak. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
||
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nelmawati, (2021): Strategi Pemasaran Produk Tabungan Mabrur Junior di Bank Syariah Mandiri Kcp Siak. Latar belakang dalam penelitian ini bahwasanya salah satu bank syariah yang ada di siak, yaitu Bank Syariah Mandiri KCP Siak, yang beralamat di Jl. Raja Kecik (Depan MTsN Siak), Kel. Kampung Dalam, Telp.0764-20222. Berdasarkan observasi awal, ada salah satu tabungan yang disebut dengan produk tabungan mabrur junior, tabungan mabrur junior adalah tabungan dalam mata uang rupiah dengan akad mudharabah muthalaqah yang diperuntukkan untuk membantu pelaksanaan ibadah haji dan umrah. BSM tabungan mabrur junior sama dengan BSM tabungan mabrur, hanya saja tabungan ini dikelola berdasarkan prinsip mudharabah muthalaqah yaitu akad kerjasama antara pemilik dana (nasabah) dengan pengelola dan (bank) yang diberi kuasa penuh untuk mengelola dana tanpa ada batasan dari jenis usaha, waktu, dan daerah bisnis.berdasarkan wawancara kepada pihak bank mereka mengatakan sudah melakukan strategi promosi dengan bagus seperti, adanya mengikuti stand dan datang kesekolah-sekolah. Namun hal ini bertolak belakang dengan jumlah nasabah yang mengalami penurunan dari tahun 2016-2017. Dari fenomena tersebut maka dirumuskan masalah sebagai berikut. Pertama, bagaimana strategi pemasaran produk Tabungan Mabrur Junior yang dilakukan Bank Syariah Mandiri KCP Siak. Kedua,bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap strategi pemasaran produk Tabungan Mabrur Junior di Bank Syariah Mandiri KCP Siak. Adapun populasi dalam penelitian ini terdiri dari nasabah tabungan mabrur junior, secara keseluruhan sebanyak 139 orang, diambil sampel sebanyak 17% didapatlah 23 nasabah, menggunakan teknik random sampling. Dan untuk memperkuat data, penulis juga mewawancarai dua orang karyawan bank syariah mandiri. Kemudian teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, dan studi kepustakaan, kemudian dianalisa menggunakan deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan dilapangan, maka penulis menyimpulkan bahwa Bank Syariah Mandiri KCP Siak belum berhasil melaksanakan strategi pemasaran dengan menggunakan marketing mix, yang meliputi pemilihan tempat (place) yang digunakan untuk mendistribusikan produk kepada konsumen, produk (product) merupakan objek dari transaksi pemasaran, harga (price) adalah suatu ukuran yang digunakan untuk memasarkan sebuah produk. Promosi (promotion) adalah cara untuk memperkenalkan sebuah produk kepada konsumen. Strategi pemasaran yang diterapkan tidak bertentangan dengan ekonomi syariah, begitu juga halnya dengan produk tabungan mabrur junior sesuai dengan syariat islam, tetapi kurang dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 08:00 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 08:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41650 |
Actions (login required)
View Item |