Leni Mardianti (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BAMBOO DANCING(TARI BAMBU) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X MAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (136kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh prestasi belajar siswa kelas X MAN Kampar Kabupaten Kampar yang masih rendah untuk pokok bahasan hidrokarbon. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X MAN Kampar Kabupaten Kampar dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif teknik bamboo dancing (tari bambu). Penelitian ini dilakukan dengan rancangan pretes dan postes dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas X3 (eksperimen) dan kelas X4 (kontrol). Untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data selisih nilai pretes dan postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu reaksi reduksi dan oksidasi, pretes dan postes sebagai data akhir, dokumentasi, serta observasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai t hitung = 3,0 dan ttabel = 1,684 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Hidrokarbon dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Teknik Bamboo Dancing (Tari Bambu) di kelas X MAN Kampar Kabupaten Kampar. Dimana peningkatan Prestasi belajar siswa dengan rata-rata gain ternormalisasi <N GAIN> didapat 0,76 yang termasuk kategori tinggi pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol didapat sebesar 0,64 yang termasuk kategori sedang. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Teknik Bamboo Dancing (Tari Bambu), Hidrokarbon.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 03 May 2016 09:48 |
Last Modified: | 03 May 2016 09:48 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4162 |
Actions (login required)
View Item |