Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Lokasi Dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen Barbershop Jupe Menurut Ekonomi Syari’ah

Adil Malik, Adil (2021) Pengaruh Lokasi Dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen Barbershop Jupe Menurut Ekonomi Syari’ah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini ialah Barbershop Jupe yang merupakan usaha pangkas rambut, di mana dalam bisnis di bidang jasa seperti pangkas rambut untuk mendapatkan konsumen yang loyal harus mempertimbangkan hal-hal yang membuat kesuksesan suatu usaha tersebut, salah satunya tentang lokasi dan harga. jika dilihat dari lokasinya barbershop Jupe kurang strategis. Berdasarkan permasalahan di atas, maka tujuan penelitian ini ialah menganalisis pengaruh variabel lokasi dan variabel harga terhadap loyalitas konsumen Barbershop Jupe dan mengetahui perspektif Ekonomi Islam tentang lokasi dan harga terhadap loyalitas konsumen pada Barbershop Jupe. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh konsumen Barbershop Jupe yang berjumlah 15 orang perhari atau 450 pelanggan perbulannya. dan sampel yang digunakan sebanyak 82 responden dengan menggunakan tekhnik accidental sampling. Pengumpulan data pada peneleitian ini adalah observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Skala pengukuran menggunakan skala Likert yang diolah menggunakan SPSS versi 23. Uji penelitian yang digunakan adalah uji instrumen berupa uji validitas dan uji realibilitas (simultan), uji regresi linier berganda dan uji hipotesis berupa uji t (parsial) dan uji f. Berdasarkan penelitian dan pembahasan, maka penulis dapat menarik suatu kesimpulan beberapa hal sebagai berikut. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien determinasi persentase sumbangan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 48%. Sedangkan sisanya sebesar 52% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi yang didapat yaitu Y=0,543 + 0,432X1 + 0,791X2. Dari persamaan regresi tersebut harga memiliki pengaruh yang besar terhadap loyalitas konsumen pada Barbershop Jupe yaitu sebesar 0,484 dan secara simultan, lokasi dan harga berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Penjualan Barbershop Jupe telah sesuai dengan prinsip jual beli dalam perspektif Ekonomi Islam. Hal ini ditunjukkan dengan praktek jual beli yang dilakukan sesuai dengan etika dalam perdagangan secara Islami. Salah satunya ialah dalam halnya pengambilan keuntungan yang tidak berlebihan dan produk/jasa yang dijual bukan barang/jasa yang dilarang dalam Syariat Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 18 Feb 2021 07:38
Last Modified: 18 Feb 2021 07:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41198

Actions (login required)

View Item View Item