Nurpadila. S, - (2020) Penerapan Model Pembelajaran Outbound untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (658kB) |
Abstract
ABSTRAK Nurpadila. S, (2020): Penerapan Model Pembelajaran Outbound untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran Outbound di kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa, hal ini diketahui kurangnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran seperti siswa lebih banyak diam dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru, dan ketika dilakukan diskusi siswa kurang aktif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangka objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Outbound dan motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklus dilakuka dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis statistik deskrptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa sebelum tindakan yaitu diperoleh persentase 40% dengan kaegori “Rendah”, karena berada ada rentang 21% - 40%. Setelah dilakukan tindak penelitian pada siklus I motivasi belajar siswa secara keseluruhan meningkat menjadi 65,25% dengan kategori “Tinggi”, karena berada pada rentang 61% - 80%. Kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 83,25% dengan kategori “Sangat Tinggi”, karena berada pada rentang 81% - 100%. Dengan demikian maka Model Pembelajaran Outbound dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Outbound, Motivasi Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 18 Feb 2021 08:02 |
Last Modified: | 18 Feb 2021 08:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41181 |
Actions (login required)
View Item |