AISYAH AMINI, - (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
file lengkap kecuali bab iv.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Aisyah Amini, (2020) : Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif. Kemampuan berfikir kreatif matematis adalah kemampuan dalam menyusun informasi yang diperoleh untuk menghasilkan ide atau gagasan dalam menyelesaikan masalah bahkan menemukan solusi alternatif dan cara baru dengan tepat dalam bentuk ide, konsep, dan pengetahuan. Kemampuan berfikir kreatif matematis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting bagi siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan berfikir kreatif matematis adalah gaya kognitif masing-masing siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berfikir kreatif matematis yang dimiliki oleh siswa berdasarkan gaya kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI) dengan fokus materi pada bangun datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deksriptif melalui desain studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Singingi Hilir. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes dan wawancara dengan menggunakan instrumen soal tes GEFT, instrumen soal tes kemampuan berfikir kreatif matematis, dan pedoman wawancara. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis melalui 3 tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan siswa Field Independent mampu memecahkan masalah lebih baik dan mempunyai tingkat kemampuan berfikir kreatif matematis lebih tinggi dari siswa Field Dependent, namun masih perlu diuji signifikansinya. Secara umum subjek penelitian yang bergaya kognitif FI dan FD mampu menyelesaikan soal pada komponen kelancaran dengan indikator memikirkan lebih dari satu jawaban dan kesulitan dalam menyelesaikan soal pada komponen elaborasi dengan indikator menambah atau merincikan detail-detail dari suatu gagasan, objek, atau situasi sehingga menjadi lebih menarik. Kata Kunci: Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis, Gaya Kognitif,
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 06:58 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 06:58 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41119 |
Actions (login required)
View Item |