Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH ETIKA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 MANDAU

KARTINI, - (2021) PENGARUH ETIKA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 MANDAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kartini (2020): Pengaruh Etika Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Mandau Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etika belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Mandau. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan IPS pada Mata pelajaran ekonomi. Sedangkan objek penelitian adalah pengaruh etika belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menegah Atas Negeri 3 Mandau. Populasi pada Penelitian ini seluruh siswa kelas XI Jurusan IPS Sekolah Menegah Atas Negeri 3 Mandau yang berjumlah 209 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 siswa XI Jurusan IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Mandau. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proporsional random sampling dan diambil secara acak disetiap kelasnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa ada pengaruh yang erat antara etika belajar dengan hasil belajar siswa pada proses pelajaran ekonomi di Sekolah Menegah Atas Negeri 3 Mandau. Hasil tersebut berdasarkan nilai rhitung> rtabel (0,195 < 0,647 > 0,256). Persentase sumbangan pengaruh etika belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sebesar 41,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa etika belajar pada mata pelajaran ekonomi adalah sebesar 85,31%. Hal ini menunjukkan bahwa etika belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa tergolong baik karena berada pada rentang interval 61% - 80% dikategorikan “baik”, serta terdapat pengaruh yang signifikan antara etika belajar dengan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran ekonomi di Sekolah Menegah Atas Negeri 3 Mandau. Kata Kunci : Etika Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:53
Last Modified: 09 Feb 2021 02:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40720

Actions (login required)

View Item View Item