Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Ekatama Pekanbaru.

NurulAntica, - (2021) Pengaruh Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Ekatama Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)

Abstract

ABSTRAK NurulAntica, (2020): Pengaruh Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Ekatama Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengaruh keteladanan guru pendidikan agama islam terhadap perilaku siswa disekolah menengah kejuruan ekatama pekanbaru. Rumusan masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan keteladanan guru pendidikan agama islam terhadap perilaku siswa di sekolah menengah kejuruan ekatama pekanbaru?. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di sekolah menengah kejuruan ekatama pekanbaru. Sedangkan Objek penelitian ini adalah pengaruh keteladanan guru pendidikan agama islam terhadap perilaku siswa di sekolah menengah kejuruan ekatama pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 229 orang siswa. Sehubungan dengan besarnya jumlah populasi siswa, maka peneliti mengambil penarikan sampel dengan Rumus Slovin yakni sebanyak 70 siswa. Adapun jenis sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang di pergunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Sedang kanteknikanalisis data yang digunakan adalah korelasi product moment menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini adalah: (1) Adanya korelasi antara keteladanan guru (X) dengan perilaku siswa (Y). Koefesien korelasinya bernilai positif, yang berarti terdapat hubungan yang positif. Korelasi yang terjadi signifikan karenadi peroleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel, yaitu 3,415 > 1,995 pada taraf signifikansi 5%. (2) Terdapat pengaruh antara variabel keteladanan guru dengan variabel perilaku siswa. Hal ini dapat dilihat pada nilai koefisiendeterminasi(r2)sebesar 0,146 atau 14,6%. Hasil penelitian ini memiliki arti bahwa keteladanan guru mempunyai bagian dalam meningkatkan dan mempengaruhi perilaku siswa dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan keteladanan guru pendidikan agama islam terhadap perilaku siswa di sekolah menengah kejuruan ekatama pekanbaru. Kata Kunci: Keteladanan Guru, Perilaku Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Feb 2021 10:09
Last Modified: 25 Feb 2021 10:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40702

Actions (login required)

View Item View Item