Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENETAPAN HARGA TIKET SPEEAD BOAT PADA SAAT LEBARAN DI PELABUHAN PADA CV PANIPAHAN KEC. PASIR LIMAU KAPAS KAB. ROKAN HILIR DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM

RUBIYAH, - (2020) PENETAPAN HARGA TIKET SPEEAD BOAT PADA SAAT LEBARAN DI PELABUHAN PADA CV PANIPAHAN KEC. PASIR LIMAU KAPAS KAB. ROKAN HILIR DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENETAPAN HARGA TIKET SPEED BOAT CV PADA SAAT LEBARAN DI PELABUHAN PADA CV PANIPAHAN KEC.PASIR LIMAU KAPAS KAB. ROKAN HILIR DI TINJAU DARI EKONOMI ISLAM Penelitian ini di latar belakangi oleh meningkatnya harga tiket pada saat lebaran yang terlalu tinggi dari hari- hari biasa.Pada saat menjelang hari raya Idul fitri, harga tiket melonjak naik begitu pesat akibat naiknya nilai permintaan, namun CV Panipahan merasa sudah menetapkan harga dengan mempertimbangkan dan memekirkan manfaat yang dirasakan oleh penumpang. Hal lain yang mempengaruhi naiknya harga tiket CV Panipahan yaitu karena pada saat lebaran jumlah permintaan yang terlalu banya membuat arus balik yang hanya satu kali menjadi dua kali pengangkuatan dalam sehari dan menyebabkan biaya bensi makin bertambah karena pada saat penjeputan ke dua mereka tidak membawa penumpang dari arah panipahan Kebagan Siapi-Api. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui. Bagaimana Penetapan Harga Tiket Speed Boat Pada Saat Lebaran di Pelabuhan Pada CV Panipahan dan Untuk mengetahui pandangan ekonomi Islam terhadap Penetapan Harga Tiket Speed Boat Pada Saat Lebaran di Pelabuhan Pada CV Panipahan.. Studi kasus pada penelitian ini ialah CV Panipahan yang berupa, perusahaan yang bergerak dibidang jasa transportasi laut yang beralamat di Jl.Bhakti No.117 Kepenghuluan panipahan Laut, Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir. Dalam penelitian ini populasi adalah Pimpinan dan pemilik saham tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi pustaka, metode analisa yang digunakan adalah deskriftif kualitatif untuk mengetahui menigkatnya harga tiket pada saat lebaran, maka dilakukan wawancara. Hasil penelitian ini adalah bahwa CV Panipahan dalam menetapkan harga pada saat lebaran melakukan pertimbangan baik dari pihak perusahaan maupun penumpang.Perusahaan memperoleh keuntungan dan penumpang meneriman manfaantnya.bagi perusahaan yang jelas tidak merugi, sebab perusahaan inggin memperoleh keuntungan disetiap usahanya.Harga tiket yang ditetapkaan dibarengi dengan peningkatan kualitas dan rasa aman bagi penumpang, salah satu aspek rasa aman yang diperhatikan adanya asuransi perjalanan. Tinjauan ekonomi Islam mengenai Penetapan Harga Tiket Speed Boat CV Panipahan Pada Saat Lebaran tidak sesuai dengan nilai-nilai etika bermuamalah secara islam. Penumpang merasa dirugikan dan diresahkan dengan harga tiket yang melambung tinggi pada saat lebaran, yang menentukan naik turunnya harga di CV Panipahan adalah pimpinan dan investor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 09 Feb 2021 07:57
Last Modified: 09 Feb 2021 08:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40666

Actions (login required)

View Item View Item