Sahrul Hidayat, - (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNG KECUALI BAB IV.pdf Download (19MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
Abstract
ABSTRAK Sahrul Hidayat, (2020): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematis Siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menerapkan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki Pengetahuan Awal Matematis (PAM) tinggi, sedang dan rendah serta melihat ada tidaknya interaksi antara pengetahuan awal matematis siswa dengan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan desain posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tambang tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes berupa intrumen soal tes kemampuan komunikasi matematis dan soal tes PAM. Analisis data yang digunakan untuk hipotesis 1, 2 dan 3 menggunakan uji anova dua arah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki PAM tinggi, sedang dan rendah, serta tidak terdapat interaksi faktor PAM terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 3 Tambang. Kata Kunci: Model Pembelajaran SSCS, Kemampuan Komunikasi Matematis Pengetahuan Awal Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 01:18 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 01:18 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40579 |
Actions (login required)
View Item |