Arifah Khairani, - (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing (Bermain Peran) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Tema Kewajiban dan Hakku Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru Kecamatan Tampan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (806kB) |
||
|
Text
GABUNGNA KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Arifah Khairani (2020) : Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing (Bermain Peran) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Tema Kewajiban dan Hakku Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru Kecamatan Tampan Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan berbicara peserta didik melalui penerapan metode role playing (bermain peran) Pekanbaru Kecamatan Tampan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara peserta didik, hal ini terlihat dari beberapa hal diantaranya adalah peserta didik terlihat kaku saat diminta berbicara di depan kelas, berbicara dengan tidak santai dan terbata-bata, lebih banyak menundukkan kepala pada saat berbicara yang mengakibatkan pembicaraan menjadi tidak jelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas dan 28 orang siswa kelas III B Sekolah Negeri 130 Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran role playing dan keterampilan berbicara. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan berbicara peserta didik pada pelajaran tematik sebelum tindakan hanya mencapai 38,09% atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan keterampilan berbicara pada siklus I mencapai 77,61% dengan kategori cukup karena pada rentang 75%-83%. Pada siklus II keterampilan berbicara peserta didik meningkat menjadi 84,96% karena terdapat pada rentang 84%-92% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran role playing (bermain peran) dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik pada pelajaran tematik muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III B Sekolah Dasar Pekanbaru Kecamatan Tampan. Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Bermain Peran, dan Tematik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 08 Feb 2021 14:43 |
Last Modified: | 08 Feb 2021 14:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40246 |
Actions (login required)
View Item |