Yassirly Yuzalia, - (2021) ANALISIS NEWMAN’S ERROR PENYELESAIAN SOAL-SOAL PADA MATERI HIMPUNAN BERBASIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF DAN HABITS OF MIND. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text (BAB IV)
BAB IV YASSIRLY YUZALIA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
BAB I, II, III, V YASSIRLY YUZALIA.pdf Download (33MB) | Preview |
Abstract
Yassirly Yuzalia, (2020): Analisis Newman’s Error Penyelesaian Soal-Soal pada Materi Himpunan berbasis Kemampuan Komunikasi berdasarkan Gaya Kognitif dan Habits of Mind Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis Newman’s error peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan komunikasi materi himpunan berdasarkan gaya kognitif dan habits of mind. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif melalui desain studi kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 13 orang peserta didik kelas IX Maryam SMP IT Al-Fatah Minas. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes, teknik angket, dan wawancara. Adapun instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan komunikasi pada materi himpunan, soal tes GEFT, angket habits of mind, dan pedoman wawancara. Pengolahan dan analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yang meliputi 3 tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesalahan yang sering dilakukan peserta didik dengan gaya kognitif FD yaitu kesalahan pada tahap memahami. Sedangkan pada gaya kognitif FI melakukan kesalahan pada tahap transformasi, keterampilan proses dan penulisan notasi. (2) Persentase kesalahan tertinggi berdasarkan HoM yaitu HoM kategori tinggi. Kesalahan peserta didik HoM kategori tinggi dan sedang secara umum yaitu pada tahap transformasi, keterampilan proses dan penulisan notasi. Sedangkan peserta didik HoM kategori rendah secara umum melakukan kesalahan pada tahapan memahami. (3) Peserta didik dengan gaya kognitif FI HoM tinggi, dan FI HoM sedang secara umum melakukan kesalahan pada tahap transformasi, keterampilan proses dan penulisan notasi. Kesalahan yang dilakuan FI HoM rendah dan FD HoM tinggi secara umum melakukan kesalahan tahap memahami, transformasi, keterampilan proses dan penulisan notasi. Sedangkan, peserta didik dengan gaya kognitif FD dan HoM sedang secara umum melakukan kesalahan pada tahap memahami. Kata kunci: Analisis Newman’s Error, Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Kognitif, Habits of Mind
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:54 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 02:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40227 |
Actions (login required)
View Item |