Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS MISKONSEPSI DAN PENYEBAB MISKONSEPSI SISWA MA MUHAMMADIYAH PEKANBARU DALAM MEMAHAMI MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DENGAN MENGGUNAKAN FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC INSTRUMENT

Hasmina, - (2020) ANALISIS MISKONSEPSI DAN PENYEBAB MISKONSEPSI SISWA MA MUHAMMADIYAH PEKANBARU DALAM MEMAHAMI MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DENGAN MENGGUNAKAN FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC INSTRUMENT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
HASMINA.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hasmina, (2020): Analisis Miskonsepsi dan Penyebab Miskonsepsi Siswa MA Muhammadiyah Pekanbaru dalam Memahami Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit dengan Menggunakan Four-tier Multiple Choice Diagnostic Instrument Miskonsepsi adalah suatu konsep yang tidak sesuai dengan konsep yang diakui oleh para ahli. Materi larutan elektrolit dan non elektrolit merupakan salah satu materi kimia SMA yang sering mengalami kesalahan konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya miskonsepsi siswa beserta persentase miskonsepsi siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dan mengetahui penyebab miskonsepsi siswa yang teridentifikasi dengan menggunakan Test Diagnostic Four-Tier. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dimana sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA MA Muhammadiyah Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Test Diagnostic Four-Tier, dokumentasi, observasi bebas, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi miskonsepsi pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Hasil analisa data menunjukkan bahwa rata-rata tingkat pemahaman siswa yaitu untuk siswa yang paham konsep memiliki persentase 16%, siswa yang miskonsepsi sebesar 28,67%, siswa yang tidak paham konsep sebesar 24%, dan siswa yang menebak sebesar 31,33%. Berdasarkan hasil wawancara dari siswa MA Muhammadiyah Pekanbaru penyebab terjadinya miskonsepsi yaitu cara mengajar guru yang membuat siswa sulit memahami materi yang dipelajari serta didukung oleh siswa yang tidak mengulang kembali pelajaran yang sudah diberikan sehingga siswa mengalami miskonsepsi Kata Kunci: Miskonsepsi, Test Diagnostic Four-Tier, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Feb 2021 15:51
Last Modified: 08 Feb 2021 15:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40216

Actions (login required)

View Item View Item