Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS NEWMAN’S ERROR PENYELESAIAN SOAL-SOAL PADA MATERI FUNGSI KUADRAT BERBASIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF DAN HABITS OF MIND SISWA

Siti Nurkhaliza, - (2021) ANALISIS NEWMAN’S ERROR PENYELESAIAN SOAL-SOAL PADA MATERI FUNGSI KUADRAT BERBASIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF DAN HABITS OF MIND SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI NURKHALIZA.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siti Nurkhaliza, (2021):Analisis Newman’s Error Penyelesaian Soal-soal pada Materi Fungsi Kuadrat Berbasis Kemampuan Representasi Matematis berdasarkan Gaya Kognitif dan Habits of Mind Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis Newman’s Error siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan representasi matematis materi fungsi kuadrat berdasarkan gaya kognitif dan habits of mind (HoM). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif melalui desain studi kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 16 orang siswa kelas IX.2 SMP N 3 Kundur Barat yang dipilih menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes, teknik angket, dan wawancara. Adapun instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan representasi matematis pada materi fungsi kuadrat, soal tes GEFT, angket habits of mind, dan pedoman wawancara. Pengelolaan dan analisis data meliputi 3 tahapan yaitu : reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Kesalahan yang dilakukan peserta didik dengan gaya kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI) yaitu kesalahanpenulisan jawaban akhir. (2) Siswa dengan HoM tinggi melakukan kesalahan transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Siswa dengan HoM sedang melakukan kesalahan penulisan jawaban akhir. Siswa dengan HoM rendah melakukan kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. (3)Siswa dengan FI HoM tinggi melakukan kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Siswa FI HoM sedang melakukan kesalahan penulisan jawaban akhir. Siswa dengan FI HoM rendah melakukan kesalahan transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Siswa dengan FD HoM tinggi melakukan kesalahan transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Siswa dengan FD HoM sedang melakukan kesalahan penulisan jawaban akhir. Sedangkan siswa dengan FD HoM rendah melakukan kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Kata kunci :Analisis Newman’s Error, Kemampuan Representasi Matematis, Gaya Kognitif, Habits of Mind.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Feb 2021 13:36
Last Modified: 08 Feb 2021 13:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/39993

Actions (login required)

View Item View Item