NIKI WULANSARI (2012) HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON TAYANGAN REALITY SHOW PROSOSIAL DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UIN SUSKA RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.
|
Text
2013_201302PSI.pdf Download (619kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji secara ilmiah hubungan intensitas menonton tayangan reality show prososial dengan perilaku prososial. Intensitas menonton tayangan reality show prososial merupakan besarnya usaha individu untuk menonton tayangan reality show prososial, yang ditandai dengan adanya perhatian, penghayatan, durasi dan frekuensi. Perilaku prososial merupakan perilaku yang memberikan manfaat kepada orang lain, baik dilakukan secara sukarela sampai tindakan oleh pamrih atau yang dimotivasi kepentingan pribadi, perilaku tersebut mencakup pada tindakan-tindakan: sharing (berbagi), cooperative (kerjasama), donating (menyumbang), helping (menolong), honesty (kejujuran), generosity (kedermawanan), serta mempertimbangkan hak dan kesejahteraan orang lain. Sampel penelitian adalah mahasiswa Fakultas Psikologi UIN SUSKA Riau yang berjumlah 134 orang dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian untuk variabel intensitas menonton tayangan reality show prososial disusun dalam bentuk angket, sedangkan untuk variabel perilaku prososial berbentuk skala yang disusun berdasarkan model skala Likert, masing-masing instrumen dengan 5 (lima) alternatif jawaban. Validitas instrumen diuji dengan teknik koefisien korelasi product moment dari Pearson. Reliabilitas intsrumen diuji dengan teknik koefisien alpha cronbach. Hasil uji validitas pada variabel intensitas menonton tayangan reality show berkisar antara 0,265-0,582 dengan reliabilitas 0,890. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil analisa menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,332 pada taraf signifikansi 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara intensitas menonton tayangan reality show prososial dengan perilaku prososial. Artinya semakin tinggi intensitas menonton tayangan reality show prososial, maka akan semakin tinggi tingkat perilaku prososial mahasiswa Fakultas Psikologi UIN SUSKA Riau, begitupula sebaliknya. Kata Kunci: Intensitas menonton tayangan, reality show prososial, perilaku prososial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Klinis dan Agama |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 29 Apr 2016 04:12 |
Last Modified: | 29 Apr 2016 04:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3959 |
Actions (login required)
View Item |