Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH PEKANBARU

NURKHALIDAH HAMID, - (2021) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNG KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Hamid Nurkhalidah (2020): Pengaruh Penerapan Strategi Inkuiri terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan Strategi Inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurang bervariasinya penggunaan strategi pembelajaran yang di pakai oleh guru, minat belajar peserta didik rendah, dan mendapatkan hasil belajar dalam belajar dibawah kriteria ketuntasan minimum. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru sedangkan objeknya adalah pengaruh penerapan Strategi Inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi di Sekolah Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Teknik pengambilan data melalui observasi, dokumentasi, tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksprimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 22 orang mendapatkan nilai dengan rata-rata sebesar 85,5, sedangkan pada kelas kontrol diketahui nilai hasil belajar dari 20 orang di peroleh rata-rata sebesar 83,5 berdasarkan analisis uji t pada hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka di peroleh bahwa thitung>ttabel taraf signifikan 5% (1,684) dan 1% (1,303) atau 1,684<3,431>1,303 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi IPS di sekolah Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Kata kunci : Strategi Inkuiri dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Feb 2021 14:45
Last Modified: 08 Feb 2021 14:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/39507

Actions (login required)

View Item View Item