Arief Wijaya Kusuma, - (2021) SISTEM KELUHAN LAYANAN PADA CUSTOMER CARE CENTER (C3) PTIPD UIN SUSKA RIAU MENGGUNAKAN METODE CASE BASED REASONING. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
Lengkap Kecuali Bab IV dan V.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV dan V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Sebagai pusat layanan teknologi dan informasi di UIN Suska Riau, PTIPD UIN Suska Riau menyediakan layanan pelanggan bernama Customer Care Center (C3) sebagai media yang menjembatani antara penyedia layanan dan pengguna berupa civitas akademika untuk menyampaikan keluhan. Jumlah administrator C3 yang tidak sebanding dengan banyaknya civitas akademika yang menyampaikan keluhan, sementara keluhan yang disampaikan memiliki inti permasalahan yang mirip dan memiliki solusi permasalahan yang sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kecerdasan buatan dengan metode Case Based Reasoning untuk menangani keluhan yang ditujukan kepada pihak C3. Perhitungan nearest neighbor digunakan untuk mencari nilai kemiripan antara kasus lama dengan kasus baru. Data yang digunakan untuk proses penanganan keluhan berjumlah 37 data jenis keluhan dan 48 data keluhan. Penanganan keluhan diproses setelah menginputkan keluhan dan sistem melakukan perhitungan kemiripan untuk solusi kasus baru. Pengujian Confusion Matrix dari 15 sampel menghasilkan akurasi 93,33% dan Pengujian User Acceptance Test (UAT) terhadap 3 responden Administrator C3 dan 20 responden mahasiswa mendapat hasil 83,43% dengan kategori sangat bagus. Kata Kunci : Sistem Pakar, Customer Care Center, Case Based Reasoning, Nearest Neighbor, Keluhan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 08 Feb 2021 11:59 |
Last Modified: | 08 Feb 2021 11:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/39070 |
Actions (login required)
View Item |