Kasmawati (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN KETENTUAN-KETENTUAN SHALAT MELALUI STRATEGI PENINJAUAN ULANG TOPIK DI KELAS IV SDN 013 MUKTISARI KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_2011138.pdf Download (282kB) | Preview |
Abstract
Shalat merupakan kewajiban bagi umat Islam, dan harus diajarkan kepada anak-anak sejak usia dini, baik ketentuan-ketentuan shalat maupun manfaatnya. Di Kelas IV SDN 013 Muktisari Kecamatan Tapung kabupaten Kampar, guru telah berusaha meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelajaran tentang ketentuanketentuan shalat, seperti guru telah membuat perencanaan pembelajaran, guru dalam pembelajaran telah menggunakan kurikulum, guru dalam pembelajaran telah menggunakan buku paket, guru dalam pembelajaran telah menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Dengan demikian seharusnya siswa memiliki hasil belajar yang tinggi dalam materi pelajaran tentang ketentuan-ketentuan shalat. Namun kenyataannya hasil belajar siswa masih belum maksimal, hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala seperti sebagian besar siswa kurang mampu menjawab pertanyaan guru dalam proses pembelajaran, sebagian besar siswa kurang mampu mengemukakan pertanyaan kepada guru, sebagian besar siswa belum mampu menyebutkan tentang rukun shalat, sebagian besar siswa tidak bisa menyebutkan syarat shalat Berdasarkan analisa dan gejala-gejala tersebut di atas, penulis ingin menelitinya dengan judul: ”Meningkatkan hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ketentuan-Ketentuan Shalat Melalui Strategi Peninjauan Ulang Topik Pada Siswa Kelas IV SDN 013 Muktisari Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah Strategi Peninjauan Ulang Topik dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ketentuan-Ketentuan Shalat Pada Siswa Kelas IV SDN 013 Muktisari Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.” Penelitian ini dilakukan dengan bentuk classroom action research atau penelitian tindakan kelas, dimana penulis berkolaborasi dengan guru lain dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, penulis sebagai pelaksana tindakan di dalam kelas, dan rekan yang lain sebagai pengamat dalam pembelajaran. Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Hasil belajar siswa dalam pembelajaran ketentuan-ketentuan shalat dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab (sebelum tindakan kelas) di kelas IV SDN 013 Muktisari Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, berdasarkan rekapitulasi hasil observasi adalah kurang baik, yaitu (54%). Hasil belajar siswa dalam pembelajaran ketentuan-ketentuan shalat dengan menggunakan strategi peninjauan ulang topik (setelah tindakan kelas pada siklus keempat) di kelas IV SDN 013 Muktisari Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, berdasarkan rekapitulasi hasil observasi adalah baik yaitu 77%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 21 Dec 2015 05:43 |
Last Modified: | 21 Dec 2015 05:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/39 |
Actions (login required)
View Item |