Ririn Angrainy, - (2021) تأثير الطريقة الدنافسة على دافع تعلم اللغة العربية لدى طلاب في الددرسة الدتوسطة الإسلامية الدتكاملة سينديكيا تانجونج بالاي كاريمون. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI RIRIN ANGGRAINI.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ririn Angrainy, (2020): Pengaruh Metode Kompetisi terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Kelas VIII di SMP IT Cendikia Tanjung Balai Karimun. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi yang berusaha mengetahui pengaruh dua variabel yaitu Metode Kompetisi (X) dan Motivasi Belajar Bahasa Arab (Y) Kelas VIII di SMP IT Cendikia Tanjung Balai Karimun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode kompetisi terhadap motivasi belajar bahasa Arab kelas VIII di SMP IT Cendikia Tanjung Balai Karimun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP IT Cendikia Tanjung Balai Karimun tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 32 orang. Maka sampel yang diambil adalah sebanyak 32 orang, kelas A 16 orang begitu juga dengan kelas B atau bisa juga disebut kelas Kontrol 16 dan kelas menggunakan metode penelitian juga 16 orang. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Setelah data dianalisa terdapat signifikansi 0,022, maka 0,022 < 0,05. Dan hasil perhitungan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,322. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh metode kompetisi terhadap motivasi belajar bahasa Arab adalah sebesar 32,2% dengan nilai signifikansi pada taraf 95%. Sedangkan untuk pengujian hipotesis diketahui bahwa F hitung 6,660 lebih besar dari F table yaitu 1,92 dengan taraf kepercayaan 5%. Oleh karena itu maka Ho yang menyatakan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan Metode Kompetisi dan Motivasi Belajar Bahasa Arab di kalangan siswa kelas VIII SMP IT Cendekia Tanjung Balai Karimun. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Metode Kompetisi berpengaruh terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab dikalangan siswa kelas VIII SMP IT Cendekia Tanjung Balai Karimun meskipun tidak terlalu besar, hanya 32,2% saja tapi tetap signifikan. Artinya semakin bagus cara pelaksanaan Metode Kompetisi maka akan diikuti pula oleh semakin tingginya motivasi belajar Bahasa Arab dikalangan siswa yang diteliti Kata kunci: Pengaruh, Metode Kompetisi, terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 11:33 |
Last Modified: | 03 Feb 2021 11:33 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38659 |
Actions (login required)
View Item |