SUROTO, - (2020) Penerapan Kurikulum Terpadu Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MA Sabilal Muhtadin Tembilahan Hulu Dan MA AL-Huda Al-Ilahiyah Mugomulyo Sungai Batang. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV ).pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian ( Bab IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (812kB) |
Abstract
ABSTRAK SUROTO (2020): Penerapan Kurikulum Terpadu Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MA Sabilal Muhtadin Tembilahan Hulu Dan MA AL-Huda Al-Ilahiyah Mugomulyo Sungai Batang Kurikulum merupakan suatu pogram pendidikan yang berisikan berbagai bahan ajar dan pengalaman belajar yang dipogramkan, dan direncanakan secara sistematik atas dasar norma-norma yang berlaku dan dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran bagi tenaga kependidikan serta peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan.Kurikulum terpadu memandang bahwa dalam suatu pokok bahasan harus terpadu (integral) secara menyeluruh. Keterpaduan ini dapat dicapai melalui bebrbagai disiplin ilmu atau mata pelajaran yang diperlukan, sehingga batas-batas antar mata pelajaran dapat ditiadakan. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana model penerapan kurikulum terpadu dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MA Sabilal Muhtadin Tembilahan Hulu dan MA AL-Huda Ilahiyah Mugomulyo Sungai Batang?. Jenis Penelitian ini menggunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun hasil penelitian ini adalah setiap satuan materi pembelajaran harus terintegrasi dengan Al-Qur’an, sehingga tercapai tujuan pendidikan Islam. Diantara materi pelajaran yang terintegrasi adalah sebagai berikut: Pertama, PKn terintegrasi dengan ayat QS. Al-Ikhlas tentang Ketuhanan Yang Maha Esa, QS. Ar-Rahman ayat 9 tentang keadilan, QS. Al-Isra ayat 59, Ali-Imran ayat 159 tentang Kerakyatan, QS. An-Nisa ayat 127 tentang Keadilan Sosial dan QS. Al-Hasr ayat 9, Al-Qashash ayat 85 dan At- Taubah ayat 122 tentang Cinta Tanah Air.Kedua, Matematika terintegrasi dengan ayat-ayat QS. Al-Kahfi ayat 25 tentang penjumlahan, QS. Al-Ankabut ayat 14 tentang pengurangan, QS. An-Nuur ayat 2dan 4 tentang kali lipat, QS. An-Nisa ayat 12 tentang bilangan pecahan dan QS. Al-Fajr ayat 3 tentang bilangan ganjil dan genap.Ketiga, PJOK terintegrasi dengan ayat-ayat QS. Al-Isra ayat 32 tentang kesehatan fisik, QS. Al-Maidah ayat 88 tentang kesehatan fisik, QS. Maidah ayat 3 kesehatan fisik, QS. Al-Hujurat ayat 13 tentang kesehatan sosial, QS. Ali-Imran ayat 105 tentang kesehatan sosial, QS. Al-Maidah ayat 2 tentang kesehatan sosial dan QS. An-Nahl ayat 78 tentang aspek fisik (jasmani). Kata Kunci: Implementasi Penerapan Kurikulum Terpadu Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 11:10 |
Last Modified: | 03 Feb 2021 11:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38536 |
Actions (login required)
View Item |