HIDAYATUL ISLAMIYAH, - (2020) DESAIN PERCOBAAN PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT BERBASIS BAHAN-BAHAN ALAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Hidayatul Islamiyah, (2020) : Desain Percobaan pada Materi Elektrolit dan Nonelektrolit Berbasis Bahan-bahan Alam di Sekolah Menengah Atas Keterbatasan fasilitas laboratorium sering sekali menjadi kendala dalam pelaksanaan kegiatan praktikum di sekolah. Salah satunya, yaitu minimnya zat-zat kimia di laboratorium. Oleh karena itu, sangat diperlukan inovasi baru dalam mencari bahan dan alat lain yang dapat digunakan agar kegiatan praktikum tetap dapat dilaksanakan. Penelitian ini berupaya untuk mengembangkan inovasi berupa percobaan pada materi elektrolit dan nonelektrolit dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari sehingga pelaksanaan praktikum tidak bergantung pada fasilitas laborataorium. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD), model penelitian yang digunakan yaitu menurut Borg and Gall yang dibatasi sampai tahap ke-5 yaitu: tahap pengumpulan data awal sampai dengan tahap revisi produk awal. Produk dalam penelitian ini divalidasi oleh ahli media pembelajaran, ahli materi, diuji praktikalitas oleh guru bidang studi kimia, dan diuji respon peserta didik di MAN 1 Pekanbaru. Penelitian ini menghasilkan bahan-bahan yang ada dikehidupan sehari-hari yang dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mendukung percobaan elektrolit dan nonelektrolit di sekolah menengah atas. Kelayakan media pembelajaran kimia berbentuk percobaan pada materi elektrolit dan nonelektrolit menggunakan bahan-bahan alam dan bahan di kehidupan sehari-hari ini didasarkan pada a) Validator ahli materi mencapai persentase sebesar 91.4% dengan kriteria sangat valid, validator ahli media mencapai persentase 88% dengan kriteria sangat valid. b) Tanggapan penilaian guru kimia melalui uji praktikalitas memperoleh persentase sebesar 89.4% dengan kriteria sangat praktis. c) Respon peserta didik kelas X MAN 1 Pekanbaru terhadap keseluruhan percobaan pada materi elektrolit dan nonelektrolit berbasis bahan-bahan alam dan bahan yang ada di kehidupan sehari-hari, 80% menyatakan sangat bagus. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektifitas produk. Kata Kunci : Percobaan, Elektorlit, Nonelektrolit, Bahan-bahan Alam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 05:09 |
Last Modified: | 02 Feb 2021 04:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38351 |
Actions (login required)
View Item |