Imelda Erza, - (2020) Analisis Loyalitas Agen Biasa Dan Agenstok Menggunakan Metode RFM Dan Algoritma K-Medoids Pada BC 4 HPAI Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
file lengkap kecuali BAB Hasil Penelitian (BAB IV).pdf Download (10MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
file BAB Hasil Penelitia (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (745kB) | Request a copy |
Abstract
PT. Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) merupakan perusahaan bisnis halal network di Indonesia yang fokus pada produk-produk herbal. Salah satu Bussines Center (BC) HPAI yang terdapat di Pekanbaru yaitu, BC 4 HPAI beralamat dijalan Melati III No. 4 Bina Widya, Panam. Berdasarkan obeservasi yang dilakukan, data transaksi pelanggan pada tahun 2019 di BC 4 mencapai 1000-2000 transaksi setiap bulannya, yang terdiri dari data agen biasa dan agenstok. Berdasarkan wawancara dengan Owner BC 4 HPAI Pekanbaru, data itu hanya berguna sebatas perhitungan omset saja. Masalah yang terjadi yaitu pihak BC 4 HPAI belum bisa mendapatkan informasi dari setiap data agen biasa dan agen stok, mana pelanggan yang potensial dan loyal terhadap perusahaan. Sehingga menyebabkan pihak BC akan sulit untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat dalam memanfaatkan kesempatan atau peluang yang ada dalam pemasaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tugas akhir ini menerapkan strategi Customer Relationship Management (CRM) yaitu menggunakan Metode RFM untuk mengetahui karakteristik atau prilaku agen biasa dan agenstok kemudian Clustering menggunakan Agoritma K-Medoids untuk pengelompokan sesuai kemiripan karakteristik agen biasa dan agenstok yang telah didapat sebelumnya. Dengan percobaan 2 cluster sampai dengan 7 cluster, menghasilkan 2 cluster Terbaik agen biasa dan 3 Cluster Terbaik agenstok berdasarkan Davies Bouldin Index (DBI). Dengan masing-masing nilai DBI terbaik 0,228 agen biasa dan 0,234 agenstok. Hasil tertinggi 2 cluster agen biasa berada pada cluster 1 dengan tipe pelanggan Superstar yang memiliki 472 customer loyal. dan hasil tertinggi dari 3 cluster agenstok berada pada cluster 3 dengan tipe pelanggan Superstar yang memiliki 60 customer loyal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 02 Feb 2021 05:14 |
Last Modified: | 02 Feb 2021 05:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38327 |
Actions (login required)
View Item |