Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

URGENSI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN

EPI FADILLAH, - (2021) URGENSI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)

Abstract

EPI FADILLAH (2020) : URGENSI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Urgensi Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Gambar Dan Pengaruhnya Terhadap Pengembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Metode bercerita merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar bagi anak. Hal ini dikarenakan dari metode ini dapat mengembangkan kemampuan kognitif pada anak usia 5-6 tahun sedangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun masih tergolong rendah, ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kondisi yang dapat merusak perkembangan otak pada anak. Rumusan masalah Bagaimana penggunaan media gambar dengan metode bercerita metode bercerita dan bagaimana pengaruhnya terhadap perkembangan kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pustaka atau Library Research. Penelitian pustaka atau Library Research adalah menjadikan bahan pustaka berupa buku, majalah ilmiah, dokumen-dokumen dan materi lainnya yang dapat dijadikan sumber rujukan dalam penelitian ini. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu content analysis dan metode induksi. Dengan sumber data primer Yuliani N Urani Sujiono, Dkk. Dengan judul buku Metode Pengembangan Kognitif dan Jurnal dari Septia, Penerapan Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Kognitif anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita menggunakan media gambar ialah kegiatan bercerita menggunakan 1 gambar, 2 gambar, 3 gambar atau 4 gambar dengan ukuran tertentu dari gambar lepas atau gambar seri yang terdiri 2-4 gambar yang meneruskan jalan cerita memberikan pengaruh terhadap pengembangan kognitif anak usia dini sehingga terdapat pembelajaran secara efektif dan efesien yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran disekolah. Ada pun beberapa indikator kemampuan kognitif anak yang harus dicapai dalam kognitif anak 5-6 tahun salah satunya Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu terbiasa menunjukkan aktvitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik seperti: aktif bertanya, mencoba untuk melakukan sesuatu untuk mendapatkan jawaban. Kata kunci: Metode Bercerita, Media Gambar, Kemampuan Kognitif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 01 Feb 2021 02:17
Last Modified: 01 Feb 2021 02:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38113

Actions (login required)

View Item View Item