Ela Sabrina, - (2020) PENGARUH DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO FEANDRA CAKE PEKANBARU DITINJAU DARI EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Univesitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Ela Sabrina, (2020) : “Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Feandra Cake Pekanbaru Di Tinjau Dari Ekonomi Syariah” Penelitian ini dilatar belakangi oleh asumsi bahwa konsumen dalam melakukan pembelian di toko Feandra Cake Pekanbaru akan melihat diversifikasi produk yang ada dan akan menjadi pertimbangan oleh konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah diversifikasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian di toko Feandra Cake Pekanbaru dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap diversifikasi produk dan keputusan pembelian di toko Feandra Cake Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan pada konsumen Feandra Cake yang berlokasi di Jl. Lobak No 97 Kelurahan Delima Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Populasi konsumen dalam penelitian ini tidak diketahui jumlahnya maka penulis mengambil sampel dengan menggunakan teknik sampling kemudahan, maka didapat sampel sebanyak 96 orang dengan teknik accidental sampling, teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, serta dokumentasi. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, uji releabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis menggunakan SPSS 22. Teknik penulisan skripsi ini menggunakan metode deduktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa diversifikasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian yang tergambar pada persamaan regresi linier sederhana yaitu Y = 9,425 + 0,375X, hasil uji hipotesis menyimpulkan nilai t hitung 7.104 > nilai t tabel 1,98552, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara diversifikasi produk terhadap keputusan pembelian. Besarnya pengaruh diversifikasi produk terhadap keputusan pembelian di toko Feandra Cake Pekanbaru diperoleh 34,9% dan sisanya 65,1% dipengaruhi dari variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,591. Hal ini berarti korelasi antara variabel indpenden (diversifikasi produk) dan variabel dependen (keputusan pembelian) memiliki hubungan yang kuat. Diversifikasi produk dilakukan dengan cara-cara yang baik, sesuai dengan ekonomi Islam. Keputusan pembelian juga didorong oleh perilaku yang baik, yaitu berbelanja karena ada maslahat berupa kebutuhan dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari Kata Kunci: Diversifikasi Produk dan Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 02 Feb 2021 02:53 |
Last Modified: | 02 Feb 2021 02:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38106 |
Actions (login required)
View Item |