Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) DENGAN PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR URIN SAPI PADA KONSENTRASI YANG BERBEDA

M. FAUZAN RIZAL HANDANI, - (2021) PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) DENGAN PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR URIN SAPI PADA KONSENTRASI YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bawang merah (Allium ascalonicum L.) merupakan salah satu komoditas hortikultura yang mempunyai arti penting bagi masyarakat, baik dilihat dari nilai ekonomi maupun kandungan gizinya. Upaya untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil bawang merah dapat dilakukan dengan cara pemupukan yaitu dengan pemberian pupuk organik cair urin sapi dan penggunaan varietas bawang merah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendapatkan konsentrasi urin sapi dan varietas bawang merah serta interaksi terbaik antara keduanya terhadap petumbuhan dan hasil tanaman bawang merah. Penelitian ini dilaksanakan di Lahan Percobaan Desa Rimba Beringin dan Laboratorium Agronomi dan Agrostologi Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau serta di Laboratorium PT. Central Alam Resource Lestari pada Bulan Mei sampai Juli 2020. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri dari 2 faktor yang diulang sebanyak 5 kali. Faktor pertama yaitu konsentrasi urin sapi (Kontrol, 20%, 40%, 60%, 80% dan 100%), dan faktor kedua yaitu varietas bawang merah (Bauji dan Bima Brebes). Parameter pengamatan yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah umbi per tanaman, diameter umbi, berat segar umbi per tanaman, berat segar tajuk dan berat kering tajuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk organik cair urin sapi konsentrasi 20% lebih efisien dalam meningkatkan jumlah umbi per tanaman bawang merah. Penggunaan bawang merah varietas Bima Brebes mampu meningkatkan tinggi tanaman dan diameter umbi. Interaksi antara pemberian pupuk organik cair urin sapi dengan konsentrasi 20% dan penggunaan varietas Bima Brebes memberikan hasil terbaik dalam meningkatkan berat segar umbi per tanaman, berat segar tajuk dan berat kering tajuk pada tanaman bawang merah. Kata Kunci : Bawang merah, Hasil, Pertumbuhan, Urin Sapi, Varietas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 27 Jan 2021 05:50
Last Modified: 27 Jan 2021 05:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/36565

Actions (login required)

View Item View Item