Desri Rinaldi (2014) APLIKASI LAYANAN BERBASIS SMS GATEWAY PADA PDAM ( PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM ) ( STUDI KASUS : PDAM TIRTA INDRAGIRI TEMBILAHAN ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (327kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi dan komunikasi telah mempengaruhi peradaban yang memungkinkan pekerjaan – pekerjaan di dalam suatu organisasi dapat diselesaikan secara tepat, akurat dan efisien. Salah satu bidang teknologi yang berkembang sangat cepat adalah teknologi komunikasi yang meliputi perangkat keras seperti komputer, alat-alat elektronik semakin banyak digemari oleh pengguna, dikarenakan dapat memenuhi kebutuhan akan sesuatu yang nyaman dan efisien. Telepon seluler (ponsel) mempunyai kelebihan yang bisa dibawa kemana-mana baik dikantor, di rumah, di kampus, di jalan atau di tempat lainnya, sehingga seseorang dapat saling berkomunikasi dengan cepat tanpa dibatasi ruang atau posisi dimana seseorang itu berada. Tentunya dengan catatan selama di dalam area operator ponsel itu sendiri. Sehingga tak diragukan lagi, ponsel memang sangat penting sekali keberadaannya. PDAM Tirta Indragiri Tembilahan adalah salah satu perusahaan daerah air minum yang memiliki pelanggan cukup banyak. Aplikasi layanan berbasis sms gateway ini dibuat untuk memudahkan pelanggan dalam akses informasi tagihan dan pembayaran pemakain air setiapbulannya. Bahasa pemrograman yang dipakai adalah PHP, penyimpanan basis data menggunakan MySQL dan Engine SMS Gateway menggunakan Gammu. Manfaat dari perancangan sistem ini adalah untuk membantu pelanggan PDAM Tirta Indragiri Tembilahan dalam memperoleh informasi tagihan pemakaian air setiap bulannya. Manfaat lainnya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan dari PDAM kepada pelanggan berdasarkan masukan-masukan yang datang dari pelanggan Kata kunci : Engine Sms Gateway, Gammu, MySQL, PDAM Tirta Indragiri
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 24 Apr 2016 18:37 |
Last Modified: | 24 Apr 2016 18:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3562 |
Actions (login required)
View Item |