Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN CALON PENERIMA PROMO BELANJA PADA UD.MUSTAKIM MENGGUNAKAN FUZZYC-MEANS (FCM) DAN FUZZYRFM(RECENCY, FREQUENCY, MONETARY)

Amar Akbar (2014) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN CALON PENERIMA PROMO BELANJA PADA UD.MUSTAKIM MENGGUNAKAN FUZZYC-MEANS (FCM) DAN FUZZYRFM(RECENCY, FREQUENCY, MONETARY). Skripsi thesis, Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fm.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.docx

Download (565kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
em.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Konsumen merupakan aset yang sangat penting bagi perusahaan. Dengan banyaknya jumlah konsumen yang dimiliki oleh suatu perusahaan, maka masalah yang harus dihadapi adalah bagaimana menentukan konsumen potensial. Penelitian ini membahas tentang bagaimana proses pengambilan keputusan dari data konsumen di UD. Mustakim, yaitu perusahaan retail yang khusus menjual bahan dan peralatan pertanian. Untuk mencari konsumen potensial, dimulai dengan melakukan proses clustering menggunakan algoritma Fuzzy C-Means (FCM). Pada FCM jumlah cluster ditentukan. Algoritma Fuzzy c-means clustering telah banyak digunakan di banyak segmentasi. Hasil clustering tersebut akan digunakan untuk melakukan segmentasi menggunakan model Fuzzy RFM untuk mendapatkan kelas konsumen. RFM adalah metode yang sederhana dan kuat untuk menyediakan kerangka kerja untuk memahami perilaku pelanggan. Penjumlahan berdasarkan pembelian dalam bidang pemasaran. Model Fuzzy RFM menggabungkan teori himpunan fuzzy dengan model RFM, yaitu model segmentasi berdasarkan atribut Recency, Frequency dan Monetary. Model RFM menyediakan ukuran yang efektif untuk analisis perilaku konsumsi pelanggan , di mana tiga variabel , yaitu , Recency (R) , frekwency (F) dan monetary (M) yang digunakan untuk mengukur loyalitas dan kontribusi pelanggan . Berdasarkan nilai RFM , pelanggan dapat dikelompokkan ke dalam kelompok yang berbeda dan informasi grup ini sangat berguna dalam pengambilan keputusan pasar Model RFM dan merupakan model segmentasi yang umum digunakan pada perusahaan perdagangan. Kata kunci: FCM, Fuzzy RFM (Recency, Frekwency, Monetary), UD.Mustakim

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 23 Apr 2016 13:16
Last Modified: 23 Apr 2016 13:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3511

Actions (login required)

View Item View Item