Lestari Zen, - (2020) STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN KAMPAR DALAM MENYOSIALISASIKAN PENGGUNAAN BUS DAMRI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
SKRIPSI BAB I SAMPAI LAMPIRAN (KECUALI BAB V).pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
BAB.V.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya jumlah penumpang Bus DAMRI Pemadu Moda yaitu angkutan dari terminal menuju bandara di Kabupaten Kampar, agar jumlah penumpang Bus DAMRI ini semakin meningkat maka dari itu peran Dinas Perhubungan Kabupaten Kampar yaitu melakukan sosialisasi dengan tujuan memberikan informasi dan mengajak masyarakat untuk menggunakan Bus DAMRI karena angkutan ini bukan sekedar angkutan kota biasa melainkan angkutan yang mempermudah perjalanan masyarakat terutama perjalanan menuju bandara. Ketika melakukan strategi tersebut tentunya dibutuhkan strategi komunikasi yang baik, maka dari itu penulis sangat tertarik untuk meneliti mengenai strategi komunikasi yang dilakukan oleh dilakukan Dinas Perhubungan Kabupaten Kampar ketika melaksanakan sosialisasi Bus DAMRI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisa berdasarkan pemikiran mengenai konsep unsur komunikasi dan dihubungkan dengan Teori Komunikasi Lasswell untuk mendeskripsikan terkait judul penelitian. Seluruh data tersebut sebelumnya sudah dikonfirmasikan dengan pihak-pihak yang berhubungan dalam penelitian ini melalui teknik validitas data tiangulasi sumber. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penulis mendapatkan hasil bahwasanya dalam menyosialisasikan Bus DAMRI kepada masyarakat, Dinas Perhubungan Kabupaten Kampar mewujudkannya melalui penyelenggaraan diklat-diklat yang melibatkan perwakilan Kecamatan-Kecamatan di Kabupaten Kampar. Strategi komunikasi yang diterapkan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Kampar melalui 5 tahap yaitu penentuan komunikator, menentukan pesan, menentukan media, menentukan komunikan dan evaluasi respon dari masyarakat. Secara umum sosialisasi yang dilakukan Dinas Perhubungan Kabupaten Kampar sudah baik, namun masih belum maksimal dikarenakan sarana dan anggaran yang belum diperoeh secara khusus dari pemerintah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 27 Jan 2021 10:10 |
Last Modified: | 27 Jan 2021 10:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/34858 |
Actions (login required)
View Item |